PERBEDAAN
MOTOR DIESEL DAN MOTOR BENSIN


1.Cara pemberian Dan penyalaan Bahan bakar
Perbedaan utama terletak pada bagaimana memulai
sesuatu pembakaran dalam ruang silinder.mesin besin mengawali pembkaran dengan
disuplainya listrik tegangan tinggi,sehingga menimbulkan percikan bunga api di
antara celah busi untuk memulai pembakaran gas.motor diesel memanfaatkan udara
yang dikompresi untuk memulai pembakaran bahan bakar solar.Dengan perbandingan
kompresinya sangat tinggi sampai berkisar 22 : 1,akibatnya tekanan naik secara
mendadak(berlansung dalam beberapa milidetik)suhunya dapat mencapai 900-1000
derajat celcius.Suhu setinggi itu dapat menyalakan bahan bakar solar. Menjelang akhir langkah kompresi,solar disemprotkan ke udara
Yang sangat panas itu.Akibatnya, bahan bakar langsung terbakar sebab titik
nyala solar sendiri Cuma 4000 Celcius.karena pembakaran terjadi akibat tekanan
kompresi yang sangat tinggi tadi,maka mesi diesel di sebut juga mesin penyalaan
kompresi (compression igniton engine).Sedangkan mesin bensin di kenal dengan
mesin penyalaan bunga api (spark ignition engine).
Dalam mesin bensin bahan bakar dan udara dicampur
di luar slinder yaitu dalam karburator dan saluran masuk (manifold).Sebaliknya
mesin diesel tidak ada campuran pendahuluan udara dan bahan bakar di luar
slinder,hanya udara yang diterima ke dalam slinder melalui saluran masuk.
2.Perbandingan Kompresi mesin diesel dan
Bensin
Perbandingan kompresi adalah perbandingan volume
udara dalam silinder sebelum langkah kompresi dengan volume sesudah langkah
kompresi.
Perbandingan kompresi untuk motor-motor bensin
adalah berkisar 8 : 1 sedangkan perbandingan yang umum untuk motor-motor diesel
adalah 16-22 : 1.Perbandingan kompresi yang timggi pada motor diesel
menimbulakan kenaikan suhu udara cukup tinggi untuk menyalakan bahan bakar
tanpa ada letikan bunag api.Hal ini menyebabkan motor diesel mempunyai
efisiensi yang besar sebab kompresi yang tinggi menghasilkan pemuaian yang
besar dari gas-gas hasil pembakaran dalam slinder.Karena itu tenaganya sangat
kuat. Efisiensi tinggi yang dihasilkan pembakaran
motor diesel harus diimbangi dengan kekuatan komponen-komponennya agar dapat
menahan gaya-gaya pembakaran yang sangat besar.
3.Disain Komponen Mesin Diesel dan Bensin
Sudah dikatakan bahwa mesin diesel haruslah
dibuat kokoh dan kuat untu dapat menahan gaya pembakaran yang sangat besar.Pada
umumnya bagian-bagian yang dikuatkan adalah torak,pena torak,batang
penghubung,dan poros engkol serta sejumlah bantalan utama untuk mendukung poros
engkol.
0 comments:
Semua umpan balik saya hargai dan saya akan membalas pertanyaan yang menyangkut artikel di Blog ini sesegera mungkin.
1. Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
2. Pastikan untuk klik "Berlangganan Lewat Email" untuk membangun kreatifitas blog ini
3. Jika Anda memiliki masalah cek dulu komentar, mungkin Anda akan menemukan solusi di sana.
4. Jangan Tambah Link ke tubuh komentar Anda karena saya memakai system link exchange
5. Dilarang menyebarluaskan artikel tanpa persetujuan dari saya.
Bila anda senang dengan artikel ini silahkan Join To Blog atau berlangganan geratis Artikel dari blog ini. Pergunakan fasilitas diatas untuk mempermudah anda. Bila ada masalah dalam penulisan artikel ini silahkan kontak saya melalui komentar atau share sesuai dengan artikel diatas.
Post a Comment