Prinsip
Kerja Motor Bensin
Prinsip Kerja Motor Bensin
Pada motor bensin, bensin dibakar
untuk memperoleh energi termal. Energi ini selanjutnya digunakan untuk
melakukan gerakan mekanik. Prinsip kerja motor bensin, secara sederhana dapat
dijelaskan sebagai berikut: campuran udara dan bensin dari karburator diisap
masuk ke dalam silinder, dimampatkan oleh gerak naik torak, dibakar untuk
memperoleh tenaga panas, dan dengan terbakarnya gas-gas akan mempertinggi suhu
dan tekanan dalam silinder motor.
Apabila torak bergerak turun naik di
dalam silinder dan menerima tekanan tinggi akibat pembakaran, memungkinkan
torak terdorong ke bawah. Bila batang torak dan poros engkol dilengkapi untuk
merubah gerakan turun naik menjadi gerakan putar, torak akan menggerakkan
batang torak dan akan memutarkan poros engkol.
Torak juga diperlukan untuk membuang
gas-gas sisa pembakaran dan penyediaan campuran udara bensin pada saat-saat
yang tepat untuk menjaga agar torak dapat bergerak secara periodik dan
melakukan kerja tetap.
Kerja periodik di dalam silinder
dimulai dari pemasukan campuran udara dan bensin ke dalam silinder, kompresi,
pembakaran dan pengeluaran gas-gas sisa pembakaran dari dalam silinder inilah
yang disebut dengan “siklus motor”.
Pada motor bensin terdapat dua macam
tipe yaitu: motor bakar 4 tak (4 langkah atau 4 gerakan) dan motor bakar 2 tak
( 2 langkah atau 2 gerakan).
1. Pada motor 4 tak, untuk melakukan
satu siklus kerja memerlukan 4 gerakan torak atau dua kali putaran poros
engkol.
2. Motor 2 tak, untuk melakukan satu
siklus kerja memerlukan 2 gerakan torak atau satu putaran poros engkol.
Cara Kerja Motor Bensin 4 Langkah
Torak bergerak naik turun di dalam
silinder dalam gerakan reciprocating. Titik tertinggi yang dicapai oleh torak
disebut titik mati atas (TMA) dan titik terendah disebut titik mati bawah
(TMB).
Gerakan dari TMA ke TMB disebut
langkah torak (stroke). Pada motor 4 langkah mempunyai 4 langkah dalam satu
gerakan yaitu langkah penghisapan, langkah kompresi, langkah kerja dan langkah
pembuangan.
Prinsip Kerja Mesin Diesel
Mesin/motor diesel (diesel engine) merupakan salah satu
bentuk motor pembakaran dalam (internal combustion engine) di samping motor
bensin dan turbin gas. Motor diesel disebut dengan motor penyalaan kompresi
(compression ignition engine) karena penyalaan bahan bakarnya diakibatkan oleh
suhu kompresi udara dalam ruang bakar. Dilain pihak motor
bensin disebut motor penyalaan busi (spark ignition
engine) karena penyalaan bahan bakar
diakibatkan oleh percikan bunga api listrik dari busi. Cara pembakaran dan pengatomisasian
(atomizing) bahan bakar pada motor diesel tidak sama dengan motor bensin. Pada motor bensin campuran bahan bakar dan
udara melelui karburator dimasukkan ke dalam silinder dan dibakar oleh nyala
listrik dari busi. Pada motor diesel yang diisap oleh torak dan dimasukkan ke
dalam ruang bakar hanya udara, yang selanjutnya udara tersebut dikompresikan
sampai mencapai suhu dan tekanan yang tinggi. Beberapa saat sebelum torak
mencapai titik mati atas (TMA) bahan bakar solar diinjeksikan ke dalam ruang
bakar. Dengan suhu dan tekanan udara dalam silinder yang cukup tinggi maka
partikel-partikel bahan bakar akan menyala dengan sendirinya sehingga membentuk
proses pembakaran. Agar bahan bakar solar dapat terbakar sendiri, maka
diperlukan rasio kompresi 15-22 dan suhu udara kompresi kira-kira 600ÂșC.
Meskipun untuk motor diesel tidak diperlukan sistem pengapian seperti halnya
pada motor bensin, namun dalam motor diesel diperlukan sistem injeksi bahan
bakar yang berupa pompa injeksi (injection pump) dan pengabut (injector) serta
perlengkapan bantu lain. Bahan bakar yang disemprotkan harus mempunyai sifat
dapat terbakar sendiri (self ignition).
0 comments:
Semua umpan balik saya hargai dan saya akan membalas pertanyaan yang menyangkut artikel di Blog ini sesegera mungkin.
1. Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
2. Pastikan untuk klik "Berlangganan Lewat Email" untuk membangun kreatifitas blog ini
3. Jika Anda memiliki masalah cek dulu komentar, mungkin Anda akan menemukan solusi di sana.
4. Jangan Tambah Link ke tubuh komentar Anda karena saya memakai system link exchange
5. Dilarang menyebarluaskan artikel tanpa persetujuan dari saya.
Bila anda senang dengan artikel ini silahkan Join To Blog atau berlangganan geratis Artikel dari blog ini. Pergunakan fasilitas diatas untuk mempermudah anda. Bila ada masalah dalam penulisan artikel ini silahkan kontak saya melalui komentar atau share sesuai dengan artikel diatas.
Post a Comment