Translate this page

Monday, June 24, 2013

PAILITNYA PERUSAHAAN PENERBANGAN BATAVIA AIR






PEMBAHASAN
Penutupan Batavia Air pada tanggal 30 Januari merupakan salah satu kejadian yang paling menyedihkan bagi industri penerbangan Indonesia. Di tengah pertumbuhan transportasi udara yang cukup tinggi di Indonesia, Batavia Air malah menjadi terpuruk. Permohonan pailit Batavia Air diajukan oleh International Lease Finance Corporation (ILFC) kepada Pengadilan Niaga Jakarta Pusat.  Pengadilan Niaga Jakarta Pusat akhirnya memutuskan mengabulkan permohonan dari perusahaan sewa guna pesawat International Lease Finance Corporation (ILFC) yang menggugat pailit PT Metro Batavia selaku operator maskapai penerbangan Batavia Air. "Mengabulkan permohonan pemohon (ILFC) untuk seluruhnya,"ungkap ketua majelis hakim Agus Iskandar di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat, Rabu (30/1). Dalam amar putusannya, Agus Iskandar menyatakan Batavia Air memenuhi syarat untuk dinyatakan pailit, sesuai dengan UU nomor 37 tahun 2004 tentang kepailitan. "Menyatakan termohon yakni Batavia Metro pailit. "Telah memenuhi syarat untuk kepailitan, sehingga permohonan tersebut dapat dikabulkan”
 Berita mengenai batavia bangkrut bukanlah yang pertama kali di indonesia. Pada tahun 1993  sempati  air mengalami kebangkrutan, pada tahun 2003 indonesian harus menghentikan kegiatan penerbangannya, pada tahun 2005 bouraq airlines harus menutup kegiatannya karena masalah keuangan, kemudian tahun 2008 lagi – lagi maskapai indonesia mengalami tutup usaha yaitu jatayu airline. Batavia air menambah deretan panjang masa kelam penerbangan yang ada di indonesia. Masalah yang sama dan selalu terulang selalu menjadi persoalan yang terjadi di indonesia. Yang menjadi pertanyaan maskapai yang disebut diata apakah tidak belajar dari pengalaman sebelumnya agar tidak terulang hal hal tersebut “bangkrut”. Dalam edisi kali ini kami akan mencoba mengurai bagaimana batavia dapat bangkrut, faktor – faktor yang mungkin membuat batavia bangkrut,  akibat dari batavia bangkrut bagi mantan karyawan dan calon pemumpang, dan penggulangan agar hal – hal tersebut tidak terualang.
Urutan peristiwa Bangkrutnya Batavia Air
1        Tahun 2009 – batavia ikut tender dalam proyek haji pemerintah, pihak batvavia telah menyewa dua unit airbus dari ILFC seri A330 dengan nominal USD 440 ribu .  Namun batavia kalah tender dan pemerintah tidak menggunakan layanan batavia dalam proyek haji. Selama kalah tender Airbus seri A330 di anggurkan dan tidak digunakan untuk melayani rute perjalanan yang lain.
2        Tahun 2010 – batavia mengikuti tender proyek haji lagi dan kalah lagi, akhirnya menimbulkan penumpukan tagihan dari tahun 2009 sampai 2010. Tagihan meningkat menjadi USD 470 ribu. Dari sini dapat di simpulkan bahwa batavia belum membenahi manajemen dan pelayanan nya sehingga pemrintah tidak mengambil maskapai ini.
3        Tahun 2011 – batavia mengikuti lagi tender dan lagi – lagi kalah lagi pada tahun ini. Tagihan ke kantor batavia meningkat menjadi USD 500 ribu. Lagi – lagi batavia tidak pernah belajar dari tahun – tahun sebelumnya.
4        Tahun 2012 – Air asia mencoba mengakuisisi batavia air tapi penawaran tersebut menjadi polemik yang cukup populer di Indonesia karena kekuatiran akan masuk nya pihak luar ke dalam industri penerbagan Nusantara. Maka Air asia membatalkan tawarannya karena alasan “risiko bisnis dan penurunan pendapatan”. Akibat gagalnya akuisisi tersebut batavia air mengalami penurunan rute penerbangan drastis dari 64 rute menjadi 44 rute saja
5        Tahun 2013 – penghujung januari 2013 batavia dinyatakan bangkrut oleh pengadilan negeri jakarta selatan.
Faktor – faktor yang mungkin membuat batavia air bangkrut
1        Penyewaan unit pesawat yang mubasir
Dua unit pesawat airbus A330 yang tidak terpakai karen gagal proyek haji seharusnya dapat digunakan untuk melayan rute penerbangan yang lain.
2        Ketidak pedulian terhadap manajemen dan pelayanan
Setelah dinyatakan kalah tender seharusnya pihak batavia air berbenah diri mulai memperbaiki manajemen dan pelayanan agar tahun berikutnya dapat menang tender.
3        Musuh alami penerbangan berjadwal
Dalam penerbangan selain penerbangan berjadwal ada juga penerbangan tidak berjadwal alias carteran. Penerbangan yang seperti ini yang menjadi musuh utama penerbangan berjadwal seperti batavia air. Penerbangan tidak berjadwal di indonesia belum teratur masih acak – acakan sesudah jelas hingga membuat persaingan bisnis dengan penerbangan berjadwal menjadi lebih ketat.
Urutan Peristiwa Menjelang Pailit nya Batavia Air
Sesuai dengan yang sudah diberitakan sebelumnya, tuntutan hutang Batavia Air bermula dari keikut sertaan nya dalam tender haji di tahun 2009. Menurut Dudi Sudibyo, permasalahan ini diperparah dengan ketidak pedulian Batavia Air dalam mendayagunakan kedua pesawat A330 ini untuk melayani rute-rute lain selama menganggur. Barangkali yang juga kurang dipublikasikan di media cetak adalah adanya kenaikan persyaratan deposit Travel Agent di Batavia Air per bulan April 2012. Persyaratan minimum deposit yang sebelumnya sebesar 7.500.000, diubah menjadi minimum 15.000.000 rupiah. Kenaikan deposit ini hanya ditunjang dengan alasan untuk mengurangi “ribet” nya administrasi penambahan deposit. Di bulan Oktober 2012, Air Asia telah mengajukan rencana untuk mengakuisisi Batavia Air senilai USD 80juta. Rencana akuisisi ini menjadi polemik yang cukup populer di Indonesia karena kekuatiran akan masuk nya pihak luar ke dalam industri penerbagan Nusantara. Namun tidak lama berselang, rencana tersebut kandas dengan keputusan Air Asia untuk membatalkan transaksi tersebut dikarenakan “risiko bisnis dan penurunan pendapatan”. Menurut Dirjen Perhubungan Udara, Herry Bakti, seusai gagal nya akuisisi Batavia Air oleh Air Asia, rute Batavia Air telah berkurang secara drastis, yang awal nya 64 rute, menjadi 44 rute saja. Namun di tengah pengurangan rute ini, airlines domestik lain malah memperlihatkan penambahan rute yang cukup signifikan, terutama Air Asia, yang mulai merambah ke rute-rute strategis Batavia Air, seperti Semarang-Singapura yang sebelumnya hanya dilayani oleh Batavia Air. Di penghujung akhir Januari 2013, Batavia Air mulai mengalami penurunan secara drastis, terutama diakibatkan oleh tuntutan pailit oleh ILFC. Kepercayaan calon penumpang pun mulai berkurang, banyak penumpang kuatir akan terulang nya peristiwa tutup nya Adam Air dan Mandala Air. Dalam penutupan dua airlines tersebut, tiket yang sudah dibeli oleh penumpang banyak yg hilang tanpa pengembalian uang. Beberapa hoax messages pun juga banyak beredar di BBM, terutama yang menyangkut akan segera ditutup nya Batavia Air oleh Dirjen Perhubungan. Tepat sehari menjelang keluarnya putusan pailit oleh pengadilan negeri Jaksel (30 Jan 2013), sempat terjadi pengajuan pencabutan gugatan pailit oleh ILFC. Namun pengajuan pembatalan ini telah ditolak lansung oleh Batavia Air dikarenakan Batavia Air sudah merasakan dampak penurunan kepercayaan publik secara drastis. Dengan penolakan ini maka putusan pengadilan negeri Jaksel berlanjut menjadi pailit bagi Batavia Air.
Akibat Bangkrut nya Batavia Air Terhadap Penumpang Dan Agen Travel
 Akibat putusan pailit Batavia, beberapa asosiasi travel agent sudah mencatatkan kerugian mencapai milliaran rupiah. Asosiasi Travel Agen Indonesia (Asita) Jakarta dengan anggota sekitar 1500 agen, memperkirakan dana deposit yang hilang mencapai 20 milliar rupiah. Sementara itu, Astindo Sulawesi Tengah mencatat kerugian uang deposit mencapai 500 juta rupiah. Pasca penutupan Batavia Air, beberapa airlines telah menawarkan bantuan bagi penumpang Batavia Air dengan booking ulang secara cuma-cuma. Tiger Airways (dan Mandala Airlines) telah menawarkan rebooking gratis untuk rute-rute tertentu (CGK-SG, CGK-PKB, CGK-Padang, dan CGK-SUB). Express Air juga mengakomodir penumpang Batavia Air untuk rute Yogyakarta – Pontianak secara gratis
·         Akibat dari bangkrutnya Batavia air
1        Bagi mantan pegawai
Sudah jelas mantan pegawai batavia air pasti akan kehilangan pekerjaan, gaji dan harus mendaftar di tempat lain. Mendaftar di tempat lain belum tentu langsung di terima.
2        Bagi calon penumpang
Tiket pesawat bukanlah harga yang murah meskipun itu kelas ekonomi sekalipun. Sehingga akan membuat calon penumpang menghebdaki untuk mengembalikan uangnya secara utuh atau mengalihkan ke penerbangan yan lain. Waktu bagi calon penumpang terbuang sia – sia. Transportasi dan waktu merupakan satu kesatuan yang utuh sehingga calon penumpang yang sudah menjdawalkan pergi pada tanggal itu harus menunda dan menunggu sampai waktu yang ditentukan
3        Bagi agen travel yang sudah bekerja sama dengan Batavia
Setelah putusan pailit, agen travel menyatak telah merugi hinggan miliaran rupiah. Asosiasi travel agen indonesia (ASITA)  jakarta dengan 1500 agen menyatakan rugi hingga 20 miliar rupiah dan ASTINDO Sulawesi tengah mencatat kerugian deposit sebesar 500 juta rupiah.
Langkah ke Depan untuk Mencegah Terulangnya Batavia Air
 Escrow Account untuk deposit travel agent dan tiket yang belum terpakai. Dengan terjadinya kasus pailit Batavia Air, Astindo (Assosiasi Perusahaan Penjual Tiket Penerbangan) mendesak Departemen Perhubungan untuk membuat peraturan baru dimana deposit travel agent dan deposit tiket yang belum terpakai untuk ditempatkan dalam escrow account atau akun penjaminan yang terpisah dari operasional perusahaan penerbangan. Sehingga dalam kasus-kasus pailit seperti Batavia Air, deposit tersebut dapat diamankan secara terpisah. Proposal yang kedua adalah kerja sama dari Asosiasi Travel yang telah ada, antara lain Astindo, Asita, maupun assosiasi-assosiasi lain nya, untuk membuat sebuah “early detection system”. Early detection ini dapat menggunakan beberapa indikasi, antara lain: pengurangan rute penerbangan secara signifikan, hutang yang mulai gagal bayar, analisa perbandingan hutang dengan aset perusahaan, dll. Dengan fasilitas seperti ini, iuran tahunan assosiasi-assosiasi yang terkadang berjumlah cukup besar menjadi lebih berguna.

Filled Under:

0 comments:

leave comment

Semua umpan balik saya hargai dan saya akan membalas pertanyaan yang menyangkut artikel di Blog ini sesegera mungkin.

1. Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
2. Pastikan untuk klik "Berlangganan Lewat Email" untuk membangun kreatifitas blog ini
3. Jika Anda memiliki masalah cek dulu komentar, mungkin Anda akan menemukan solusi di sana.
4. Jangan Tambah Link ke tubuh komentar Anda karena saya memakai system link exchange

5. Dilarang menyebarluaskan artikel tanpa persetujuan dari saya.

Bila anda senang dengan artikel ini silahkan Join To Blog atau berlangganan geratis Artikel dari blog ini. Pergunakan fasilitas diatas untuk mempermudah anda. Bila ada masalah dalam penulisan artikel ini silahkan kontak saya melalui komentar atau share sesuai dengan artikel diatas.

Me

Post a Comment